Rabu, 20 Juni 2012

sap

SATUAN ACARA PENGAJARAN

Mata Ajar    : Swamedikasi
Kode Mata Ajar    : Far 2412B
Beban Kredit    : 1 sks teori
Waktu Pertemuan    : 50 menit
Pertemuan ke                  : 14

A.    TUJUAN
1.    Tujuan Instruksional Umum
Pada akhir semester, mahasiswa dapat mengetahui obat-obat jerawat,obat-obat jamur dan kutu air,serta obat-obat penurun kolestrol.

2.    Tujuan Instruksional Khusus
a)    Setelah pertemuan ke-14 ini mahasiswa diharapkan akan dapat mengetahui obat-obat jerawat.
b)    Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan akan dapat menyebutkan dan membedakan obat-obat kutu air dan jamur.
c)    Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan akan dapat menyebutkan obat-obat penurun kolestrol.
d)    Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan mengenai pengertian dan peran dari obat-obat jerawat,obat jamur dan kutu air,serta obat penurun kolestrol.
e)    Setelah pertemuan ini mahasiswa diharapkan akan dapat menyelesaikan soal-soal mengenai materi tersebut.

B.    POKOK BAHASAN
Obat –obat jerawat,obat jamur dan kutu air, serta obat penurun kolestrol.

C.    SUB POKOK BAHASAN
a)    Timbulnya jerawat
b)    Menghindari jerawat
c)    Obat yang di gunakan untuk pengobatan jerawat
d)    Terbentuknya jamur
e)    Terjadinya infeksi
f)    Mengobati sendiri infeksi jamur
g)    Pengertian kolestrol
h)    Faktor-faktor yang mempengaruhi kolestrol baik”HDL”
i)    Mencegah kadar kolestrol tinggi

D.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Tahap    Kegiatan Pembelajaran    Kegiatan Mahasiswa    Media dan Alat Pembelajaran
Pendahuluan    1.    Memberikan salam
2.    Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke-14
3.    Menjelaskan manfaat mempelajari swamedikasi
4.    Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK pertemuan ke-14    Mendengarkan dan memperhatikan     -    Microsoft power point
-    PC
-    LCD
Penyajian    5.    Menjelaskan bagaimana timbulnya jerawat
a)    Memberikan Kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang obat-obat golongan sulfonamid
6.    Menjelaskan cara menghindari jerawat.
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang metode penetapan kadar sulfonamid
7.    Menyebutkan obat yang digunakan untuk pengobatan jerawat.
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang perbedaan dari masing-masing metode.
8.    Menjelaskan tentang terbentuknya jamur.
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode.
9.    Menjelaskan bagaimana cara mengobati sendiri infeksi jamur..
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan         tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode.

10.    Menjelaskan pengertian kolesterol.
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode.

11.    Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kolesterol
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode.

12.    Menjelaskan bagaimana mencegah kadar kolesterol tinggi.
a)    Memberikan kesempatan mahasiswa untuk bertanya
b)    Menggulirkan pertanyaan tersebut kepada mahasiswa lain
c)    Memberikan penguatan positif atas jawaban mahasiswa
d)    Menyimpulkan beberapa jawaban mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian dari masing-masing metode.
    Memperhatikan




mempersiapkan pertanyaan dari pokok bahasan yang belum jelas



Berdiskusi tentang pokok bahasan

Memperhatikan

Memberi komentar





Memperhatikan



Memberikan komentar


Memperhatikan



Memperhatikan dan berpartisipasi aktif dalam diskusi

Memberikan komentar


Memperhatikan
dan mempersiapkan pertanyaan dari pokok bahasan yang belum jelas    -    Microsoft power point
-    PC
-    LCD
-    White board
-    spidol
Penutup    13.    Penyaji menyimpulkan materi
14.    Penerapan hasil diskusi
15.    Umpan balik dosen dengan mahasiswa
16.    Memberikan salam penutup    Menjawab pertanyaan

Memperhatikan     -    Microsoft power point
-    PC
-    LCD
-    White board
-    spidol

E.    MATERI
Terlampir

F.    EVALUASI
Evaluasi yang akan dilakukan dengan memberikan test kepada mahasiswa.
I.    Pilihan Ganda


Jawaban :

G.    REFERENSI
1)    Anonim.2012.Materi Kimia Farmasi II.Tim Penyusun. Kendal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar